Senin, 19 April 2010

PONDOK PESANTREN HARUS BERSIH DAN SEHAT


Malang - Menteri Agama (Menag) Muhammad Maftuh Basyuni mengimbau para pemimpin pondok pesantren untuk meningkatkan kebersihan lingkungan dan mengembangkan pola hidup sehat di pesantren yang dipimpinnya.

Imbauan tersebut ia kemukakan di Malang, Kamis pagi, terkait meningkatnya kasus penularan virus influenza A H1N1 atau flu babi di kalangan para santri di sejumlah pondok pesantren belakangan ini.

Ia mengaku telah mendapat laporan yang menyebut banyak santri menderita flu babi. Namun jenis flu tersebut belum dikonfirmasi lagi apakah benar yang diderita para santri seluruhnya akibat virus H1N1.

Kendati demikian, ia berharap para pimpinan pondok pesantren untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan masing-masing agar para santri terhindar dari berbagai penyakit.

"Menjaga kebersihan dan kesehatan sangat penting agar santri tak terganggu dalam menuntut ilmu," ujarnya.

Ia mengatakan, mencegah penyakit lebih baik daripada setelah terserang lalu mendatangi rumah sakit.

Dikatakannya, bila dicermati secara jujur masih banyak lingkungan pondok pesantren belum mengindahkan pola hidup sehat. Padahal di lingkungan pesantren kerap didengungkan bahwa kebersihan itu sebagian daripada iman.

Karena itu pula, ia mengajak para santri, para ustaz dan ulama untuk bersama-sama meningkatkan pola hidup sehat di pondok pesantren.

Terkait dengan flu babi, ia mengatakan pula, penyakit tersebut dapat dicegah dengan menjaga kebersihan lingkungan.

Selain itu, ia mengimbau petugas kesehatan terdekat, seperti Puskesmas, agar lebih peduli dan pro aktif mendatangi santri yang menderita atau terserang virus influenza A H1N1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar